Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Banner4 Hosting Indonesia

Selasa, 13 Januari 2015

Pengenalan Delphi


         Delphi adalah kompiler/penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan bahasa pemrograman Basic, C. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural artinya bahasa/sintaksnya mengikuti urutan tertentu/prosedur. Delphi termasuk keluarga Pemrograman Visual sekelas dengan Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya. Delphi juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, artinya nama objek, properti dan metode/prosedur dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate).
         Delphi adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program/aplikasi komputer yang berbasis windows (VCL) dan berbasis Linux (CLX). Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada pada Delphi merupakan objek-objek. Ciri sebuah objek adalah memiliki nama, properti dan methode/procedure. Delphi disebut juga visual programming artinya komponen-komponen yang ada tidak hanya berupa teks (yang sebenarnya program kecil) tetapi muncul berupa gambar atau grafik-grafik.

  • Memulai dengan Delphi
         Untuk memulai pemrograman Delphi, yang pertama kali adalah membuka program Delphi bila belum dijalankan. Umumnya cara untuk menjalankan program Delphi adalah dengan melalui menu Start > Programs > Borland Delphi > Delphi.
         Pada saat pertama kali program Delphi dijalankan, maka akan secara otomatis terbentuk sebuah form kosong yang siap untuk diproses lebih lanjut. Berikut penjelasan tentang fasilitas yang ada di delphi.


Keterangan :

 Menu Bar : Di dalam menu bar terdapat banyak perintah untuk memerintahkan komputer agar melakukan suatu tindakan, seperti menyimpan file, membuka file, menutup file, mengkompile program dan masih banyak lagi perintah-perintah lainnya.

 Tool Bar : Adalah komponen tombol-tombol yang berfungsi untuk memberikan perintah pada komputer, atau dengan kata lain dapat diartikan sebagai alternatif dalam memberikan perintah selain menggunakan menu bar.

 Componen Palette : Adalah kumpulan komponen yang berfungsi untuk merancang tampilan program. Dalam bagian ini terdapat banyak komponen yang dapat digunakan secara langsung.

 Object Tree View : Adalah tempat menampilkan nama-nama komponen yang kita gunakan pada form yang aktif saat pembuatan program.

 Object Inspector : Adalah kumpulan sifat / properties dari setiap komponen program, dengan menggunakan bagian ini kita dapat mengatur sifat setiap komponen, seperti warna, ukuran dan pengaturan tampilan lain, juga untuk mengatur kejadian/event pada suatu objek tertentu.

 Object Form : Adalah tempat kita melakukan desain tampilan terhadap program yang kita buat, dan disinilah setiap komponen yang kita gunakan diletakkan sewaktu kita ingin menggunakannya.

 Code Editor : Adalah tempat kita akan menuliskan setiap perintahh-perintah program terhadap proses yang kita inginkan terjadi terhadap suatu objek atau kejadian.

1 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan pengenalan-delphi , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus

Hosting Indonesia